Fungsi dan Peran Mahasiswa

 

Fungsi dan Peran Mahasiswa

Mahasiswa adalah pelajar yang menempuh pendidikan di universitas / perguruan tinggi baik swasta maupun negri. Sejarahnya, mahasiswa memiliki peran yang cukup penting dalam sejarah suatu negara. Misalnya ratusan mahasiswa berhasil mendesak Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya sebagai Presiden  Indonesia pada Mei 1998.Lalu apakah sebenarnya fungsi dan peran mahasiswa ?

Tidak hanya menjadi contoh bagi masyarakat karena landasannya sebagai kaum yang berlatar belakang pendidikan namun juga sebagai aspirasi atau menyuarakan suara hak rakyat yang seringkali tidak didengar oleh pemerintah. Sehingga, banyak kita ketahui, saat Negara mengalami kebimbangan dan permasalahan yang menyangkut hak dan kewajiban warga negara, maka saat itulah peran mahasiswa sangat dominan. Seperti kasus akhir akhir ini, yaitu adanya ketidakadilan dan ketidakbenaran mengenai UU cipta kerja.

Mahasiswa juga sebagai agen dalam perubahan. Perubahan dalam membentuk Negara yang lebih berkarakter dan berkeadilan tinggi. Dimana kita ketahui kaum pemuda adalah penerus pejuang Negara yang telah pensiun atau habis masa berlakunya, dan sangat diharapkan mahasiswa mampu menyokong untuk menggapai tujuan,misi,visi, dan dan cita cita Negara .

Mahasiswa adalah pengontrol kehidupan sosial di masyarakat. Karena Indoensia memiliki rata rata penduduk dari kalangan yang masih muda (mahasiswa) maka kunci dari lancar tidaknya kegiatan sosial atau event lainnya adalah di kaum muda (mahasiswa). Maka disini, penerapan pendidikan karakter yang telah ditanamkan dalam dunia perkuliahan sangat berguna  dalam menyongsong   tertib di masyarakat.

Mahasiswa itu sumber daya manusia yang tak akan pernah habis. Mengingat semangat juangnya yang tinggi dalam membela kaum bawah untuk mendapatkan hak yang setara dan adil,maka wajar sekali bahwa kata tak akan pernah habis patut dihadirkan disini.  Tidak hanya itu, partisispasi dalam berbagai hal seperti “upacara kemerdekaan, demo UU cipta kerja, dan  ASEAN GAMES .

Serta, mahasiswa adalah peran intelektual dan moral force. Tidak  hanya bergerak dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan ,namun haruslah mampu mewujudkannya dalam ranah dunia nyata dengan pengaplikasian moral yang patut dijadika contoh dan panutan bagi masyarakat setempat.

Dari alasan alasan diatas, sangat wajar bahwa mahasiswa menjadi tokoh utama dalam pergerakan masa depan Indonesia. Oleh karena itu, tidak hanya dukungan pemerintah yang tepat sasaran, namun juga peran universitas dalam membentuk mahasiswa yang sesuai ranah harapan dan aturan di Negara ini, Indonesia.

Komentar